Maskot Bio untuk edisi tahun 2015 diperkenalkan pada hari Minggu (24 Mei) yang lalu di kota Bandung dalam acara Car Free Day. Maskot tersebut diperkenalkan sendiri oleh PT Bank Central Asia, Tbk selaku pihak sponsor turnamen itu sendiri. Presiden Direktur BCA, Jahja Setiaatmadja mengatakan bahwa tujuan acara mengenalkan maskot di Bandung itu adalah untuk meningkatkan animo masyarakat kota Bandung akan kompetisi BCA Indonesia Open Super Series Premiere 2015 yang akan datang. Jahja berharap acara ini dapat meningkatkan semangat masyarakat untuk turut mendukung para atlet Indonesia yang akan bertanding di Istora Senayan mulai tanggal 2 Juni hingga 7 Juni mendatang.
Maskot Bio terinspirasi dari burung garuda yang merupakan simbol negara Indonesia, dan wayang yang merupakan seni tradisional Indonesia. Penggunaan wayang dan burung garuda sebagai maskot Indonesia Open memang sudah sejak turnamen tahun 2014 yang lalu. Bank BCA sebagai sponsor mengakui bahwa tujuan wayang yang menjadi maskot kompetisi tersebut adalah untuk memperkenalkan seni wayang kepada masyarakat di seluruh dunia. Pasalnya, kompetisi BCA Indonesia Open adalah kompetisi berstandar internasional dengan label Super Series Premiere yang ditonton bukan hanya oleh masyarakat Indonesian, melainkan juga ditonton oleh masyarakat di seluruh belahan dunia. Nama Bio sendiri diambil dari singkatan BCA Indonesia Open. Sebelum penggunaan Bio sebagai maskot, nama Dio-lah yang digunakan sebagai maskot Indonesia Open. Namun, sejak penggantian sponsor yang sebelumnya Djarum menjadi BCA, maka nama maskot untuk Indonesia Open pun turut diganti.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar